Internet sebagai Media Komunikasi dan Pendidikan

Dalam kehidupan sehari-hari di zaman yang modern ini, manusia tidak bisa lepas dari yang namanya komputer dan internet. Internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok, khususnya para Gamers, yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam bermain game online di internet. Banyak hal positif yang dapat di ambil dari internet, namun banyak pula resiko yang di dapat dalam penggunaan internet.

Komunikasi

Akhir-akhir ini banyak orang menggunakan internet sebagai media komunikasi, selain harga yang murah per bytenya, aksesnya pun lebih cepat. Sebagai contoh media komunikasi seperti e-mail (yahoo, gmail, Plasa dll), Friendster, Life conector dll. Ada pula penyedia pengiriman pesan yang instan seperti camfrog, pidgin, (gaim), trilian, kopete, yahoo! Messenger, MSN Messenger dan windows live messengger Dan tentunya kita harus memiliki acount di masing-masing web penyedia tersebut.

Pengguna internet lebih memilih internet sebagai media komunikasi tentunya untuk saling bertukar pikiran dan berbagi informasi. karena internet tidak membatasi penggunanya dalam hal jarak, kita dapat mengakses internet sampai ke belahan dunia manapun.

Pendidikan

Selain sebagai media komunikasi, internet juga sering di gunakan sebagai media pendidikan, khususnya mahasiswa yang browsing atau mencari informasi tantang pengetahuan umum. Namun itu tidak meminimalisir kemungkinan pelajar setingkat SMA, SMP bahkan Sekolah Dasar (SD) sekalipun menggunakannya sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Walaupun animo di negara kita ini masih kecil para pengguna internet sebagai media pendidikan. Namun kita bisa membudayakan hal tersebut di negara kita. Fungsi internet dalam mengembangkan pendidikan cotohnya memberikan contoh-contoh soal Ujian Nasional (UN) yang dapat di akses secara online. Banyak pelajar SMA yang mengaksesnya sebagai latihan sebelum ujian kelulusan.

 Itulah salah satu fungsi internet , bila kita bijak dalam menggunakannya maka kita pun akan mendapatkan manfaatnya. Karena browsing di dunia maya banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Mulailah budayakan teknologi internet mulai dari sekolah dan mulailah belajar mengerti bagaimana menggunakaan internet yang baik dan sesuai ketentuan yang berlaku. Karena tak jarang pula banyak para pengguna internet menggunakannya untuk kegiatan yang kurang baik. Pandangan manusia terhadap internet sangat beragam, bila di bandingkan reverensi lain seperti buku, kamus, perpustakaan dll, internet lebih ungul. Dengan perpaduan koneksi jaringan, komputer dan mesin pencari (search enggine) internet memberikan sebuah nuansa tersediri. Lebih mudah dan cepat. Dalam hal pendataannya pun lebih mendetail

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s